Laman

Sabtu, 20 November 2010

tips menghadapi anak bandel

Saya punya adek cowok yang bisa dibilang bandel. Kenapa? Ni anak ngeyel banget kalau dibilangin. Kalau ada suatu hal yang kurang cock sama kemauan dia, dia bakal marah. Marahnya ga nanggung-nanggung: teriak-teriak dan sampai nangis.

So, bagaimana menghadapinya?
Ini ada tips dari saya kalau menghadapi anak bandel:
1. Dengarkan dia. Seorang anak kadangkala tidak perlu diberi barang-barang yang bagus. Adakalanya dia hanya ingin seseorang untuk mendengarkan. Ajaklah dia ngobrol, pancing sedikit dia akan banyak bercerita. Tahan emosi untuk sejenak mendengarkan cerita (yang menurut kita ga penting) yang bagi dia itu adalah hal menarik. Setelah emosi bisa saling menyatu, selipkan nasihat-nasihat yang ringan tapi mengena.
2. Jangan terabawa emosi saat tu adek lagi marah-marah. Emosi ketemu emosi akan semakin membakar. Hadapi dengan kepala dingin, selesaikan dengan baik-baik. Jika nada suaranya meninggi, hadapi dengan nada suara serendah meungkin namun tegas.
3. Jangan dibentak. Ini yang sering dilakukan oleh orang yang ketularan emosi. Anak yang sering dibentak akan muncul 2 akibat, pertama dia akan semakin menjadi nakalnya, kedua dia akan menjadi banyak diam. Tapi ingat, diamnya dia hanya di depan kita, di luar itu ada kemungkinan akan menjadi "mengganas"
4. Stop talking, do action. Maksud action di sini bukan main kasar lho, tapi langsung kasih tindakan yang bia membuat dia berpikir. Contoh: pagi2 sebelum berangkat sekolah, adek saya ngambek ga mau mandi, padahal ibu saya sudah siap-siap berangkat ke kantor. Ibu jelas khawatir akan terlambat masuk kantor, padahal adek saya belum mau mandi. Apa yang terjadi? Ibu saya benar-benar ninggalin adek saya. Otomatis adek saya ga ada yang ngantar ke sekolah, sampai akhirnya dia diantar pembantu ke sekolah, dan terlambat. Setelah kejadian itu, adek saya nurut kalau disusruh cepet2 mandi pagi karena dia tidak mau kejadian ditinggalin itu terulang lagi.
5. Beri dia pujian saat mau melakukan sesuatu yang kita minta. Misal, kita menyuruh dia menyapu dan dia bersedia. Apapun hasilnya, kasih pujian, itu akan membuat dia merasa dihargai.
6. Anak perlu keteladanan. Contoh: kalau kita menyuruh mandi, maka sebaiknya kita pun juga sudah mandi.

ini sedikit cara menghadapi adek yang bandel versi saya :D
semoga bermanfaat.
(I love my little brother, Helmi)

Oleh: Dewi Listiani

Tidak ada komentar:

Posting Komentar