Laman

Minggu, 03 April 2011

Soto Ayam Jawa Timur


Hari Ahad adalah hari yang indah untuk berkumpul bersama keluarga, hari yang pas pula untuk menyajikan makanan yang berbeda dari hari-hari sebelumnya.
Kali ini saya belajar masak dari koki terbaik (di mata saya), ibunda tercinta.
Menu yang disajikan adalah soto Jawa Timur. Entah kenapa disebut soto Jawa Timur, tapi kata ibu saya, karena soto ini diberi kacang goreng. Hmm... rasanya ga kalah sama soto seger mbok Giyem yang terkenal di Boyolali.
Cara membuatnya ga susah ternyata, dan saya ingin berbagi resepnya.

Bahan-bahan:
- 2 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- ketumbar secukupnya
- garam secukupnya
- merica 20 butir
- msg sedikit
- lengkuas
- daun salam
- daun jeruk purut
- air rebusan ayam (air kaldu)
- potongan daging ayam

Cara memasak:
-haluskan bawang merah, bawang putih, ktumbar, garam, merica, dan msg.
- geprek lengkuas (ulek sedikit sampai agak hancur), campurkan dengan bumbu yang telah diulek, tambahkan daun salam,daun jeruk purut dan lengkuas.
- panaskan sedikit minyak goreng, goreng campuran bumbu di atas sampai harum baunya.
- setelah bumbu masak, masukkan ke dalam air kaldu, masak hingga mendidih.
Kuah selesai dibuat.

Penyajian:
- ambil mangkuk, berikan nasi secukupnya
- tambahkan irisan daging ayam, seledri, kecambah, bawang daun, kacang goreng
- siramkan kuah soto
- taburi bawang goreng

Kalau mau sambal:
- rebus 4 cabe rawit dan 1 siung bawang putih
- setelah agak empuk, diulek
- tambahkan sedikit air

soto khas Jawa Timur (katanya ibu saya) siap disajikan :)

2 komentar: